Tugas
Individu (Minggu ke 8)
Psikologi Manajemen
MENGENDALIKAN FUNGSI MANJEMEN
A.
DEFINISI MENGENDALIKAN (CONTROLLING)
Pengendalian adalah salah satu fungsi
manajerial seperti perencanaan, pengorganisasian, pengarahan. Pengendalian
merupakan adalah fungsi penting karena membantu untuk memeriksa kesalahan dan
mengambil tindakan korektif sehingga penyimpangan dari standar diminimalkan dan
menyatakan tujuan organisasi dicapai dengan cara yang diinginkan.
Menurut konsep modern, kontrol adalah tindakan
yang sebelumnya mengetahui, sedangkan konsep awal pengendalian digunakan hanya
ketika kesalahan terdeteksi. Kontrol dalam manajemen berarti menetapkan
standar, mengukur kinerja aktual dan mengambil tindakan korektif. Dengan
demikian, kontrol terdiri dari tiga kegiatan utama.
Menurut Henri Fayol, Pengendalian adalah
suatu usaha terdiri dari melihat segala sesuatu yang sedang dilakukan sesuai
dengan rencana yang telah diambil, perintah yang telah diberikan, dan
prinsip-prinsip yang telah ditetapkan. Objek adalah untuk menunjukkan kesalahan
agar mereka dapat diperbaiki dan dicegah berulang.
Menurut EFL Breach, Pengendalian juga
memeriksa kinerja saat ini terhadap yang telah ditentukan standar yang terdapat
dalam rencana, dengan tujuan untuk memastikan kemajuan yang memadai dan kinerja
yang memuaskan. Menurut Harold Koontz, Pengendalian adalah pengukuran
dan koreksi kinerja dalam rangka untuk memastikan bahwa perusahaan tujuan dan
rencana dibuat untuk mencapai mereka yang dicapai. Menurut Beer Stafford, Manajemen
adalah profesi kontrol. Pada tahun 1916, Henri Fayol merumuskan salah satu
definisi pertama dari kontrol karena berkaitan dengan manajemen: Kontrol
terdiri dari verifikasi apakah semua yang terjadi sesuai dengan rencana diambil
sesuai instruksi yang dikeluarkan, dan prinsip-prinsip yang
ditetapkan. Robert J. Mockler mendefinisikan lebih komprehensif kontrol
tentang manajerial: Kontrol manajemen dapat didefinisikan sebagai upaya
sistematis oleh manajemen bisnis untuk membandingkan kinerja dengan standar yang
telah ditentukan, rencana, atau tujuan untuk menentukan apakah kinerja ini
sejalan dengan standar-standar ini dan mungkin untuk mengambil tindakan
perbaikan yang diperlukan untuk melihat bahwa manusia dan sumber daya
perusahaan lainnya yang digunakan dengan cara yang paling efektif dan efisien
dalam mencapai tujuan perusahaan.
B. LANGKAH-LANGKAH DALAM KONTROL
Mochler dalam Stoner
James, A. F. (1988) menetapkan empat langkah dalam proses pengendalian, yaitu
sebagai berikut:
1. Menentukan
standar dan metode yang digunakan untuk mengukur prestasi.
2. Mengukur
prestasi kerja.
3. Menganalisis
apakah prestasi kerja memenuhi syarat.
4. Mengambil
tindakan korek
Langkah-langkah Pokok
dalam Proses Pengendalian
Jenis-jenis
Pengendalian (kontrol)
Stoner James, A. F.
dan Wankel, Charles (1988) mengelompokkan jenis-jenis metode pengendalian dalam
empat jenis, yaitu:
~ Pengendalian
Pra-Tindakan (pre-action control)
Menurut konsep
pengendalian, suatu tindakan bias diambil bila sumberdaya manusia, bahan dan
keuangan diseleksi dan tersedia dalam jenis, jumlah dan mutu yang tepat.
~ pengendalian
Kemudi (Steering Control) atau Pengawasan Umpan Maju (Freeforward
Control)
Metode ini dibentuk
untuk mendeteksi penyimpangan dari beberapa standar atau tujuan tertentu dan
memungkinkan pengambilan tindakan koreksi di depan. Bila pemimpin melihat
adanya penyimpangan dia dimungkinkan untuk melakukan koreksi, sekalipun
kegiatan belum selesai dilakukan. Pengendalian ini efektif bila pemimpin pada
waktu yang tepat dapat memperoleh informasi yang akurat.
~ Pengendalian Secara
Skrining atau Pengendalian Ya/Tidak (Screening or Yes/No Control)
Metode ini sangat luas
digunakan karena mampu melakukan penelitian ganda, ketika pengmanan terhadap
resiko tindakan manajer sangat diperhatikan. Metode ini fungsional bila
prosedur dan syarat-syarat tertentu disepakati sebelum melakukan kegiatan.
~ Pengendalian
Purna-Karya (Post-Action Control)
Metode pengendalian
digunakan untuk melihat adanya penyimpangan arah dan tujuan perusahaan setelah
kegiatan selesai. Pengendalian ini hamper mirip dengan evaluasi yang waktu
pelaksana.
DAFTAR PUSTAKA
Sukoco, Badri Munir. (2007). Manajemen Administrasi
Perkantoran Modern. Jakarta: Erlangga.
Tangkilisan, Drs.Hessel Nogi S. (2005). Manajemen
Publik. Jakarta: PT. Grasindo.
Umar, Husein. (2000). Business An Introduction.
Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Media.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar