Artificial Intelligence & Expert System
Persamaan
dan Perbedaan
antara Kecerdasan Buatan (AI)
dengan Sistem Pakar (ES)
Apakah Artificial Intelligence (AI) atau Intelegensi
Buatan atau kepintaran buatan itu? AI dapat didefinisikan sebagai suatu mesin
atau alat pintar (biasanya adalah suatu komputer) yang dapat melakukan suatu
tugas yang bilamana tugas tersebut dilakukan oleh manusia akan dibutuhkan suatu
kepintaran untuk melakukannya. Definisi ini tampaknya kurang begitu membantu, karena
beberapa ahli berpendapat, kepintaran seperti apakah yang dapat dikategorikan
sebagai artificial intelleigence.
Menurut Avron Barr dan Edward E.
Feigenbaum, Artificial Intellegence adalah sebagian dari komputer sains yang
mempelajari (dalam arti merancang) sistem komputer yang berintelegensi, yaitu
sistem yang memiliki karakteristik berpikir seperti manusia.
Kecerdasan buatan (bahasa Inggris:
Artificial Intelligence) didefinisikan sebagai kecerdasan yang ditunjukkan oleh
suatu entitas buatan. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer.
Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat
melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang
yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer
(games), logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan robotika
(wikipedia).
Kecerdasan Buatan (Artificial
Intelligence) merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait
dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal yang dalam pandangan
manusia adalah cerdas (H. A. Simon [1987]).
Kecerdasan Buatan (AI) merupakan
sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada
saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia (Rich and Knight [1991]).
Kecerdasan Buatan (AI) merupakan
cabang dari ilmu komputer yang dalam merepresentasi pengetahuan lebih banyak
menggunakan bentuk simbol-simbol daripada bilangan, dan memproses informasi
berdasarkan metode heuristic atau dengan berdasarkan sejumlah aturan
(Encyclopedia Britannica).
Apakah Sistem Pakar (Expert System)
itu? Merupakan sebuah sistem berbasis komputer yang
menggunakan pengetahuan, fakta dan teknik penalaran yang dimiliki manusia
sebagai pakar yang tersimpan di dalam komputer, dan digunakan untuk
menyelesaikan masalah yang lazimnya memerlukan pakar tertentu.
Persamaan dan Perbedaan antar Sistem Pakar
dengan Kecerdasan Buatan
Sistem Pakar juga merupakan bagian
dari Artificial Intelligence(AI) atau kecerdasan buatan, dimana letak
persamaannya adalah :
sama-sama
untuk mencapai hasil yang maksimal dalam memecahkan masalah, dan perbedaannya adalah :
sistem
pakar mengacu pada si pembuatnya atau seseorang yang ahli dalam suatu bidangnya
atau mengacu pada si perancang itu sendiri sebagai objek dalam menyiapkan suatu
sistem guna mendapatkan hasil yang maksimal, sedangkan AI mengacu pada jalur
atau langkah yang berorientasi pada hardware guna mencapai yang maksimal.
Dapat disimpulkan Sistem Pakar
merupakan bagian dari AI, dimana selain sistem pakar yang menggunakan AI, ada
beberapa yang lain diantarnya games, logika Fuzzy, jaringan saraf tiruan, dan
robotika.
Kecerdasan buatan merupakan salah
satu topik yang disukai penggemar science-fiction, pada film Terminator
digambarkan perang manusia melawan mesin, bahkan dalam novel berjudul With
Folded Hands karangan Jack Williamson, digambarkan bangsa Humanoids (robot
mesin ciptaan manusia) menjajah bangsa manusia dan menggantikan semua peranan
manusia.
Eliza diprogram
Joseph Weizenbaum (1967), mampu memberi terapi terhadap pasien dengan
memberikan beberapa pertanyaan. Salah satu sistem pakar yang paling awal
dikembangkan. Ini adalah program komputer yang dibuat oleh Joseph Weizenbaum di
MIT. Pengguna berkomunikasi dengannya sebagaimana sedang berkonsultasi dengan
seorang terapis.
Parry adalah
Sistem Pakar yang juga paling awal dikembangkan di Stanford
University.oleh seorang psikiater, Kenneth Colby, yang mensimulasikan seorang paranoid.
Berikut ini contoh respon Parry terhadap pertanyaan seorang psikiater yang menginterviewnya.
mensimulasikan seorang pasien, dan menyebut program ini PARRY, karena ia
mesimulasikan seorang pasian paranoid. Mereka memilih seorang paranoid sebagai
subyek karena beberapa teori menyebutkan bahwa proses dan sistem paranoia
memanga ada, perbedaan respon psikotis dan respon normalnya cukup hebat, dan
mereka bisa menggunakan penilaian dari seorang ahli untuk mengecek keakuratan
dari kemampuan pemisahan antara respon simulasi komputer dan respon
manusia.
Nettalk adalah program
berdasarkan jaringan-jaringan neuron, dikembangkan oleh Terry Sejnowski :
jaringan neural berisi lapisan tersembunyi yang berkorespondensi dengan
interneuron.
Referensi :
H.
A. Simon. (1987). Diambil dari buku Kusrini yang berjudul Sistem Pakar Teori
dan Aplikasi. Andi Yogyakarta :
Yogyakarta.
Rich, E. & Knight, K. (1991). Artificial Intellegence. Second Edition. New York : McGraw- Hill.
Solso, R, L., Maclin, O, H., & Maclin, M, Kimberly. (2007). Psikologi Kognitif (Edisi Kedelapan). Jakarta: Erlangga
journal.mercubuana.ac.id/data/1a-AI.docRich, E. & Knight, K. (1991). Artificial Intellegence. Second Edition. New York : McGraw- Hill.
Solso, R, L., Maclin, O, H., & Maclin, M, Kimberly. (2007). Psikologi Kognitif (Edisi Kedelapan). Jakarta: Erlangga
Solso, Robert L, dkk. 2009. Psikologi Kognitif. Jakarta : Erlangga.
Stenberg.
2009. Psikologi Kognitif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar