MANAJEMEN DAN KEPEMIMPINAN
1)
PENGERTIAN
/ DEFINISI
a)
MANAJEMEN
Pengertian Manajemen dalam bahasa
Inggris “management” dengan kata
kerja to manage yang secara umum berarti megurusi atau mengelola. Dalam arti
khusus manajemen dipakai bagi pimpinan dan kepemimpinan, yaitu orang-orang yang
melakukan kegiatan memimpin, disebut “manajer”
.
Menurut Kamus
Besar Bahasa Indonesia (KBBI), manajemen adalah
“penggunaan sumber daya secara efektif mungkin untuk mencapai sasaran”.
Berikut dikutip dan dijelaskan pengertian
manajemen dan pendapat-pendapat beberapa ahli :
Menurut James A.F Stoner
Pengertian manajemen adalah suatu
proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalaian upaya
dari anggota organisasi secara penggunaan semua sumber daya yang ada pada
organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya.
Menurut Robins dan Coulter (2007)
Manajemen adalah proses pengkoordinasian
kegiatan-kegiatan pekerjaan sehinggag pekerjaantersebut terselesaikan secara
efesien dan efektif dengan dan melalui orang lain.
Efisiensi
mengacu pada memperoleh output terbesar dengan input terkecil ; digambarkan
sebagai “melakukan segala sesuatu secara benar.” Sedangkan efektivitas menagacu
pada meneyelesaikan kegiatan-kegiatan sehingga sasaran organisasi dapat
tercapai; digambarkan sebagai “melakukan segala sesuatu yang benar”.
Menurut Heene dan Desmidt (2010)
Manajemen adalah serangkaian
aktivitas manusia yang berkesinambungan dalam mencapai suatu tujuan yang telah
ditetapkannya.
Menurut Assauri (2004)
“Pengertian manajemen adalah
kegiatan atau suatu usaha yang dilakukan untuk mencapai tujuan dengan
menggunakan atau mengkoordinasikan kegiatan-kegiatanorang lain.”
Menurut Harsey dan Blanchard (2005)
“Pengertian manajemen adalah seni
dan ilmu dalam perencanaa, pengorganisasian, pengarahan, pemotivasian dan
pengendalian terhadap orang dan mekanisme kerja untuk mencapai tujuan.”
b)
KEPEMIMPINAN
Definisi tentang kepemimpinan
bervariasi sebanyak orang yang mencoba mendefinisikan konsep kepemimpinan.
Definisi kepemimpinan secara luas adalah meliputi proses mempengaruhi dalam
menentukan tujuan organisasi, memotivasi perilaku pengikut untuk mencapai
tujuan, mempengaruhi untuk memperbaiki kelompok dan budayanya. Selain itu juga
mempengaruhi interpretasi mengenai peristiwa-peristiwa para pengikutnya,
pengorganisasian dan aktivitas-aktivitas untuk mencapai sasaran, memelihara
hubungan kerja sama dan kerja kelompok, perolehan dukungan dan kerja sama dari
orang-orang di luar kelompok atau organisasi.
Kepemimpinan dipahami dalam dua
pengertian yaitu sebagai kekuatan untuk menggerakkan dan mempengaruhi orang.
Kepemimpina hanyalah sebuah alat, sarana atau proses untuk membujuk orang agar
bersedia melakukan sesuatu secara suka rela/ suka cita.
Kepemimpinan adalah proses
mengarahkan dan mempengaruhi aktivitas-aktivitas yang ada hubungannya dengan
pekerjaan para anggota kelompok. Tiga implikasi penting yang terkandung dalam
hal ini yaitu: (1) kepemimpinan itu melibatkan orang lain baik itu bawahan
maupun pengikut, (2) kepemimpinan melibatkan pendistribusian kekuasaan antara
pemimpin dan anggota kelompok secara seimbang, (3) adanya kemampuan untuk
menggunakan berbagai bentuk kekuasaan yang berbeda-beda untuk mempengaruhi
tingkah laku pengikutnya dengan berbagai cara.
2)
KESIMPULAN
Dari beberapa penjelasan di atas penulis dapat
mengambil sebuah kesimpulan bahwa :
Manajemen merupakan
sebuah ilmu dan seni yang mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan
sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan
tertentu.
Adapun fungsi-fungsi manajemen
meliputi beberapa hal yaitu:
1. Planning merupakan
fungsi manajemen yg berkenaan dgn pendefinisian sasaran utk kinerja organisasi
di masa depan dan utk memutuskan tugas-tugas dan sumber daya-sumber daya yg
digunakan yg dibutuhkan utk mencapai sasaran tersebut.
2. Organizing merupakan
fungsi manajemen yg berkenaan dgn penugasan mengelompokkan tugas-tugas ke dalam
departemen-departemen dan mengalokasikan sumber daya ke departemen.
3. Leading fungsi
manajemen yg berkenaan dgn bagaimana menggunakan pengaruh utk memotivasi
karyawan dalam mencapai sasaran organisasi.
4. Controlling fungsi
manajemen yg berkenaan dgn pengawasan terhadap aktivitas karyawan menjaga
organisasi agar tetap berada pada jalur yg sesuai dgn sasaran dan melakukan
koreksi apabila diperlukan.
Kepemimpinan
yaitu merupakan suatu proses mempengaruhi, mengarahkan, atau memberi contoh
kepada pengikutnya untuk mencapai tujuan organisasi yang diharapkan. Pemimpin
dalam kepemimpinan dibagi atas dua bagian yaitu pemimpin formal, pemimpin yang
secara resmi dipilih oleh suatu organisasi berdasarkan keputusan secara resmi
untuk menempati suatu jabatan. Dan pemimpin informal yaitu orang yang tidak
mendapatkan pengangkatan formal sebagai pemimpin.
Dalam kepemimpinan ada beberapa
teori di dalamnya, antara lain teori sifat, teori kepribadian perilaku, teori
kepemimpinan situasional, teori genetis, teori sosial, dan teori ekologis.
Selain teori, ada fungsi dari kepemimpinan dalam organisasi yang meliputi;
a. Fungsi instruktif
b. Fungsi konsultatif
c. Fungsi partisipasi
d. Fungsi delegasi
e. Fungsi pengendalian
DAFTAR PUSTAKA
Assauri, Sofjan. 2003. Managemen Produksi, Edisi Revisi.
Jakarta : LPFE Universitas Indonesia
Charles, A., Taff 1996. Manajemen Transportasi dan Distribusi Fisis,
Terjemahan Menurut Marianus Sinaga, Jilid
I, Edisi Ketujuh, Cetakan Ketiga. Jakarta : Erlangga
Heizer, Jay & Barry Render. 2004. Operation Management.
Ithaca & London : Cornel University Pres
Prawirosentono, Suyadi. 2001. Manajemen Operas. Edisi Ketiga,
Cetakan I, Jakarta : Bumi Akasara.
Rangkuti, Fredy. 2000. Manajemen Persediaan. Aplikasi di Bidang
Bisnis, Cetakan Rangkuti Ketiga.
Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Tampubolon,
Manahan P. 2004. Manajemen Operasional. Jakarta : Ghalia Indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar